Diplomasi Tempe Bacem di Amerika Serikat

By Admin

nusakini.com--KJRI Chicago dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago mempromosikan kuliner Indonesia di Greensburg, Indiana, AS. Promosi dikemas dalam acara Indonesia-Indiana Business Luncheon di Mayasari Indonesian Grill Restaurant pekan lalu. 

Restoran yang dimiliki dan dijalankan oleh WNI asal Bogor, Mayasari Effendi, dan suaminya yang berkebangsaan AS itu telah bertahan selama lima tahun. Restoran ini telah mempunyai pelanggan setia dari berbagai kalangan masyarakat setempat: politisi, anggota parlemen, walikota dan pengusaha. Bahkan mantan Gubernur Indiana, yang saat ini menjadi Wakil Presiden AS, Mike Pence, merupakan salah satu pelanggan restoran tersebut. 

Diplomasi Tempe Bacem, itulah yang disampaikan oleh Konjen RI Rosmalawati Chalid untuk mengapresiasi upaya Mayasari Efendi mempromosikan tempe bacem kepada masyarakat Indiana. "Untuk membedakannya dengan tempe yang telah dijual disejumlah retailer di kota tersebut, antara lain seperti di Whole Food, salah satu retailer terkenal di AS," jelasnya. 

Indonesia-Indiana Business Luncheon dihadiri oleh Walikota Greensburg, Dan Manus, Executive Director Greensburg Decatur County Chamber of Commerce, Jeffrey Emsweller, Executive Director Greensburg Decatur County Economic Development Corporation, kalangan bisnis, investor dan asosiasi pengusaha di wilayah Greensburg dan sekitarnya. 

Suguhan tempe bacem, gado-gado, rendang, dan nasi goreng yang menjadi hidangan utama makan siang sangat dinikmati oleh para tamu yang hadir. Mereka menikmati kelezatan tempe bacem, terutama teksturnya yang lembut dan rasanya yang sesuai dengan lidah masyarakat setempat. Selain itu disuguhkan pula risoles dan lumpia sebagai hidangan pembuka, ditutup oleh klepon dan kopi Sumatra. 

Mayasari dalam acara tersebut memberikan penjelasan mengenai makanan Indonesia yang disajikan, cara pembuatan tempe, nutrisi yang terkandung dalam tempe dan keinginannya agar tempe dapat diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat Greensburg, Indiana.

Selain itu juga disampaikan tentang produk gula kelapa, gula aren, dan berbagai jenis tanaman rempah Indonesia yang memiliki manfaat kesehatan 

Konjen Rosmalawati Chalid memberikan presentasi singkat tentang perekonomian Indonesia dan kondisi perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan Amerika Serikat khususnya dengan Negara bagian Indiana.

Disampaikan pula bahwa Pemerintah Indonesia mendorong keberadaan restaran ataupun café Indonesia di wilayah Amerika Serikat khususnya di negara bagian Midwest sebagai sarana memperkenalkan kuliner dan produk makanan/minuman Indonesia.

Sementara itu Kepala ITPC Chicago menjelaskan tentang kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2017 di Jakarta dan mengundang pebisnis maupun investor dari Greensburg untuk hadir di TEI. 

​Walikota Greensburg City dalam sambutannya menyatakan kegiatan luncheon sangat penting untuk memperkuat networking kedua negara serta mengharapkan peningkatan kerjasama ekonomi perdagangan antara kota Greensburg dengan Indonesia. 

Total perdagangan Indonesia dengan Negara Bagian Indiana pada tahun 2016 mencapai USD 466,57 juta dan menduduki rangking ketiga tujuan ekspor Indonesia di wilayah Midwest setelah Ohio dan Illinois. Importasi Indiana dari Indonesia didominasi produkproduk alas kaki, garment/tekstil, karet dan produk karet, seafood dan furniture. Greensburg adalah kota berbasis industri otomotif, manufkatur dan pertanian yang cukup berkembang perekonomiannya di Negara Bagian Indiana.(p/ab)